Review Kuliner Khas Nusantara

Wednesday, January 8, 2014

Nasi Bakar Ala Angkringa Solo


Kita semua tahu bahwa makanan pokak orang Indonesia adalah “nasi”, meskipun ada sebagian orang yang mengkonsumsi ubi, jagung dan lain sebagainya, namun masyarakat Indonesia lebih dominan untuk memakan nasi yang terbuat dari beras yang berasal dari tanaman padi.

Banyak cara di dalam mengolah beras agar menjadi nasi yang enak dan siap di santap, seperti halnya nasi goreng, nasi uduk, nasi liwet dan jenis masakan lainnya. Kali ini ada sebuah cara baru dalam mengolah nasi yang terbilang beda dari yang lain, yaitu “Nasi Bakar” . Meskipun tampak berbeda, namun rasanya tak kalah enaknya dari olahan nasi – nasi yang lain.  

Proses pembuatan nasi bakar tidaklah sulit. Pertama,siapkan bahan utamanya yang terdiri beras yang dimasak dengan daun salam dan diberi garam secukupnya sehingga rasanya menjadi gurih. Nasi ini dimasak dengan cara di karu. Kedua,siapkan ikan tuna, cabai, bawang merah, bawang putih, gula, garam, minyak, dan daun kemangi.

Bahan di atas dicampur menjadi satu sehingga rasanya “mak nyus” kalau dinikmati selagi masih panas. Nasi ini disajikan menggunakan daun pisang sehingga menambah kenikmatan tersendiri dan penampilannya tampak menarik. 

Nasi bakar ini akan tambah super nikmat lagi ketika ditemani gorengan tempe,tahu, sate keong, sate ayam dan menu yang lain. Di jamin, kalau anda nongkrong malam – malam di angkringan Solo sambil menikmati nasi bakar ini maka kenikmatan menggoyang lidah dan tak ada kapok – kapoknya mampir malam - malam ke tempat tersebut.   

Nasi Bakar Ala Angkringa Solo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment