Review Kuliner Khas Nusantara

Monday, February 3, 2014

Nikmatnya Sate Cungkring Khas Bogor

















Kota Bogor memiliki banyak kuliner khas yang unik dan patut untuk disantap. Diantara jenis kuliner ini bahkan mungkin belum pernah Anda dengar namanya sebelumnya yaitu kuliner “Sate Cungkring”.

Hmmm, jika mendengar kata cungkring, yang terpikir mungkin adalah tubuh tinggi dan kurus kering. Karena cungkring memang sebutan yang diberikan untuk orang yang tinggi dan kurus kering. Namun, cungkring disini bukan berbicara soal tubuh manusia lho, akan tetapi jenis kuliner sate khas kota Bogor.

Cungkring adalah kuliner khas Bogor yang berupa sate kulit sapi, kikil, atau daging hidung sapi. Cungkring semacam sate kere yang dijajakan di Solo. Kuliner ini merupakan kuliner tua yang sudah ada sejak jaman dahulu.


Cungkring biasa dihidangkan bersama lontong dan bumbu kacang dengan menggunakan pincuk daun pisang. Kulit sapi yang digunakan sebelumnya diolah bersama bumbu kuning. Paduan antara sate bumbu kuning dan bumbu kacang menciptakan rasa yang luar biasa nikmat.

Cungkring juga biasa disantap bersama makanan pelengkap yang lain seperti, tempe atau oncom goreng tepung. Kuliner cungkring sangat nikmat dan lahap apabila disantap saat masih hangat. Kekenyalan  cungkring dapat memanjakan lidah dan menciptakan sensasi tersendiri saat dikunyah dan pastinya dapat membuat Anda ketagihan pingin melahapnya kembali.

Nah, penasarankan dengan kuliner unik yang satu ini?. Kalau anda berkunjung ke kota Bogor dapat dengan mudah dijumpai kuliner ini kareba dapat ditemukan di pasar-pasar tradisional. Salah satu penjual cungkring dapat Anda temui  di Jl. Suryakencana Bogor, tepatnya berada di dekat perempatan Gang Aut.


Nikmatnya Sate Cungkring Khas Bogor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

2 comments:

  1. di terminal Baranangsiang jg ada dan ga kalah ajiibbb (murah jg gan)

    ReplyDelete
  2. Heiii... Jangan lupa ya ikut lomba 'Jelajah Kuliner Unik Nusantra' dan raih kesempatan wisata kuliner di 5 kota Indonesia. Info selengkapnya --> http://bit.ly/jelajahkuliner :D

    ReplyDelete