Review Kuliner Khas Nusantara

Monday, February 17, 2014

Kelezatan Sate Kerbau Khas Kudus










 



Kota Kudus tidak hanya dikenal karena Masjid Menara saja. Namun kota ini juga memiliki beragam kuliner unik dan menarik. Bagi pecinta kuliner unik, jalan-jalan ke Kudus belum lengkap rasanya bila belum mencicipi sate kerbau. Makanan yang menarik perhatian, karena kebiasaan umum masyarakat sate yang dikenal kebanyakan orang adalah sate ayam, sate kelinci ataupun sate kambing.


Berbicara soal rasa sate kerbau, rasanya tak kalah dengan sate dari daging sapi, hanya seratnya sedikit lebih besar. Cara memotong daging kerbau pun harus melawan arah serat agar tidak alot. Cara mengolah sate kerbau juga tidak seperti lazimnya mengolah sate kebanyakan. Bila pada umumnya sate diolah dari daging mentah yang langsung dibumbui sambil dibakar, tapi kalau sate kerbau dagingnya dicincang terlebih dahulu. Sebelum dibakar, potongan daging kerbau dimemarkan dengan cara dipukul-pukul, kemudian dibumbui dan dimasak terlebih dahulu, persis seperti membuat dendeng.

Sate kerbau ini lebih lengkap rasanya ketika dicampur dengan bumbu saus kacang ditambah serundeng, bawang merah, bawang putih dan kentang yang dihaluskan.  Bagi yang suka pedas, disiapkan cabe rawit rebus di dalam mangkok di atas meja.
 

Sate kerbau menjadi makanan yang umum dan dijual tersebar di berbagai tempat di daerah Kudus. Rata-rata per porsi dijual seharga Rp 15.000 hingga Rp 20.000,-. Menurut pendapat dari beberapa masyarakat di kota Kudus, ada dua tempat yang terkenal menjual sate kerbau enak, yaitu di jalan Agus Salim dan di jalan Tanjung.

Kelezatan Sate Kerbau Khas Kudus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

3 comments: