Review Kuliner Khas Nusantara

Sunday, January 12, 2014

Kuliner Pemalang: Botok Setan Mak Isah Bikin Kesetanan



Obrolan santai ini mengalir apa adanya di ruang kantor kerja. Di sela – sela perbincangan itu ada seorang teman yang bergumam. Hmm, Susana panas – panas gini ngapain yah????. Kemudian, ada salah satu temen yang nyletuk “yuk makan Botok Setan” Mak Isah Comal?. Wahhh, botok setan?, ngeri banget bro.. rasanya bagaimana?, Wuihh jangan ditanya bro.. namanya aja botok setan pasti kalau mencicipi semuanya pasti bakal kesetanan stelah melahapnya.

Warung botok setan milik Mak Isah ini tampak sederhana, namun nama Mak Isah membahana lhoo bro  di Comal, Pemalang. Gubuk yang tampak sederhana di samping sungai kecil justru menjadi daya tarik tersendiri. Pengunjung pada mencicil berdatangan beramai – ramai dan berebutan mendapatkan menu botok setan.

Uniknya, saking banyaknya pembeli kadang pembelipun ikut menjadi layaknya penjual dengan membantu Mak Isah. Maklum, Mak Isah yang sudah lanjut usia dengan umur sekitar 80 tahun kadang kerepotan. Tapi jangan salah sahabat kuliner, umur yang sudah menua itu justru Botoknya di gemari oleh kalangan pemuda. Yah, terbukti setelah saya telusuri lebih jauh pembeli adalah anak – anak SMA, Mahsiswa, dan para pengunjung yang sengaja ingin mencicipi botok tersebut.  

Botok setan Mak Isah sama dengan botok pada umumnya, dengan menyajikan aneka bumbu seperti Lombok hijau, bawang merah, bawang putih, gula, garam, dan kelapa yang sudah dihaluskan serta bumbu yang lain, kemudian ditambah tahu dan bongkrek. Namun botok setan ini memiliki ciri khas tersendiri lho,yaitu dengan lombok yang banyak sehingga terasa pedas full, namun kemanisan dari rasa botok masih tetap terasa. Yah, namanya saja botok setan, yang makan bikin kesetanan saking pedasnya, huahh.
Hmmm, pengalaman pribadi saya setelah memakan menu yang satu ini bikin ketagihan, rasa yang demikian mak nyos pedesnya bikin mata mencicil tapi pingin nambah lagi. Apalagi kalau ditemani dengan usek (kerupuk yang digoreng dengan pasir) menjadikan lengkap sudah kenikmatanya botok ini.

Wah, penasaran kan?, untuk haraga botok setan ini satu porsinya Rp.5.000, murahkan?. Nah, silahkan bagi yang gemar menu pedas – pedas bisa datang langusng ke warung Mak isah “Botok  Setan” yang berada di Comal, Pemalang. 

Kuliner Pemalang: Botok Setan Mak Isah Bikin Kesetanan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 comments:

  1. Kang mas, minta ijin untuk mengutip isi artikelnya yah. matur suwun

    ReplyDelete