Review Kuliner Khas Nusantara

Tuesday, February 18, 2014

Amplang, Renyah Gurih Kerupuk Ikan khas Kalimantan


Singgah di Balikpapa, tak lengkap rasanya jika tidak menicicipi atau membawa pulang buah tangan yang satu ini. “Amplang” namanya. Sejenis kerupuk dengan  rasa dan aroma ikan yang khas. Makanan ringan bercita rasa gurih ini seakan sudah menjadi oleh-oleh wajib bagi wisatawan yang bertandang ke Kalimantan Timur.

Amplang terbuat dari daging ikan yang digiling halus dengan campuran tepung sagu. Ikan yang  digunakan adalah ikan tenggiri, gabus , atau belida (ikan pipih). Setiap jenis ikan tersebut memiliki kekhasan tersendiri. Jenis ikan yang dianggap terbaik adalah ikan belida karena rasa gurih, enak dan tekstur daging yang lembut saat dihaluskan.


Proses pembuatan kerupuk amplang relatif sederhana. Langkah pertama, ikan yang telah dibersihkan dari sisik dan duri digiling hingga halus. Daging yang telah digiling halus diberi garam, bumbu-bumbu, serta air hingga merata. Lalu, dimasukkan tepung sagu dan diuleni hingga kalis. Adonan tersebut kemudian direbus atau dikukus selama kurang lebih satu jam, lalu dijemur agar menghasilkan amplang yang bagus saat digoreng.

Untuk langkah selanjutnya adalah pemotongan dan penggorengan amplang. Adonan yang masih berbentuk gumpalan besar tadi diiris tipis, lalu dipotong memanjang atau berbentuk dadu dengan ketebalan sekitar 0,5-1 centimeter. Seteleah di potong – potong lalu dini digoreng dengan minyak panas hingga mengembang dan berwarna kuning kecokelatan. Setelah ditiriskan, amplang dapat disimpan dalam wadah tertutup agar tetap renyah dan tahan lama.


Amplang, Renyah Gurih Kerupuk Ikan khas Kalimantan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment