Review Kuliner Khas Nusantara

Monday, February 10, 2014

Kapurung, Makanan Bergizi dan Unik Khas Toraja















Suku Toraja sangat terkenal dengan adat istiadatnya yang kental dan menarik. Namun, dari segi kuliner juga tak kalah menaiknya. Toraja punya makanan yang khas dan unik bernama “kapurung”. Kuliner berbahan baku sayuran, ikan dan sagu ini, selain nikmat juga kaya akan gizi.

Sayuran yang ada dalam sajian kuliner kapurung diantaranya : bayam, kacang panjang, kangkung, ontong (jantung) pisang, daun labu merah yang masih muda, dan irisan jagung muda. Semua merupakan sayuran yang kaya akan gizi.


Selain sayuran, ada bahan lainnya yaitu berupa ikan bandeng (yang dimasak dan diberi bumbu kuning terlebih dahulu), ikan teri goreng, dan kacang tanah goreng. Seluruh ikan serta kacang tanah diuleg kasar dan dimasukkan ke dalam sayuran tadi. Terakhir di tambah dengan sagu yang di masak (seperti pentolan bakso, tapi ukurannya agak besar). Sepintas sagu tersebut memang seperti gumpalan lem kertas yang putih. Bumbu yang dipakai terdiri dari : bawang merah, bawang putih, bawang prey, garam, dan penyedap rasa.

Adapun cara penyajiannya ditambah dengan sambal tomat dan jeruk nipis.  Bisa juga ditambah dengan kerupuk sebagai pelengkapnya. Makan siang dengan menu kapurung memang sangat nikmat. Bumbunya membikin kuliner ini nikmat, dan gorengan kacang tanahnya menimbulkan sensasi gurih dilidah. Dan rasa ikannya benar-benar terasa, dan bertambah nikmat dengan pedas sambalnya.

Kapurung, Makanan Bergizi dan Unik Khas Toraja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 comments:

  1. kalo melihat warnanya yang sudah pudar begini pasti kapurung yang sudah dibuat dari kemarin.

    sedikit koreksi kapurung itu makanan khas Palopo bukan toraja. walaupun memang toraja pernah satu wilayah dengan Palopo -Luwu. lagi pula pohon sagu berserakan di Luwu dari Utara hingga Selatan. Sedangkan Toraja berada di dataran tinggi sehingga pohon sagunya sangat jarang. herbasaccounting.com

    ReplyDelete