Review Kuliner Khas Nusantara

Sunday, February 9, 2014

Rujak Cingur, Kuliner Khas Jawa Timur














Rujak Cingur merupakan satu Makanan khas Jawa Timur yang unik. Rujak merupakan olahan kuliner yang memadukan antara Buah – Buahan segar yang diiris kemudian diaduk dengan sambal kacang, cabai merah dan rawit.

Nama Rujak Cingur merujuk dari adanya Moncong atau Tulang Rawan dari bagian Hidung dan Bibir bagian atas Sapi yang menjadi bahan utamanya. Mungkin mengetahui bahan utama rujak ini akan membuat anda kehilangan selera. Namun tambahan Cingur inilah yang membuat Rujak Cingur terasa lebih lezat. 


Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah-buahan seperti ketimun, bengkoang, mangga muda, nanas, kedondong yang segar dan membuat mata merem-melek kemudian ditambah lontong, tahu, tempe, bendoyo dan cingur serta sayuran-sayuran seperti kecambah / tauge, kangkung dan kacang panjang. Untuk bumbunya, rujak ini tidak hanya menggunakan sambal kacang tetapi juga Petis.

Petis sebenarnya merupakan produk sampingan dari pengolahan masakan yang mengandung ikan atau udang. Petislah yang membuat aroma rujak cingur terasa begitu. Rujak cingur biasa disajikan dengan tambahan kerupuk, dan dengan alas pincuk ( daun pisang ) atau piring. Jika anda kurang suka dengan cingur maupun sayuran- sayurannya, anda masih bisa menikmati rujak dalam versi yang lain. Anda bisa menikmati rujak dengan bahan utama buah- buahan dan sambal kacang beserta petis. Rujak dengan bahan- bahan seperti itu dikenal dengan nama Rujak Petis dan merupakan salah satu makanan khas pulau Madura, Jawa Timur.

Rujak Cingur, Kuliner Khas Jawa Timur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment