Review Kuliner Khas Nusantara

Friday, January 17, 2014

Nikmatnya Sate Klatak Khas Yogyakarta


Sate, siapa yang tidak mengenal jenis makanan ini?, semua orang pasti mengenalnya karena akrab di masyarakat Indonesia. Makanan berupa potongan daging yang diolah dengan berbagai macam bumbu. Daging yang diolah pun bermacam-macam bisa daging ayam, kambing, sapi, kelinci dan lain sebagainya. 

Nah, Ada satu jenis sate yang mungkin satu – satunya di Indonesia, diolah secara minimalis namun menghasilkan cita rasa yang super nikmat. Secara umum hampir sama cara pembuatanya dan penyajiannya, namun sate ini untuk bumbunya hanya menggunakan bumbu garam dan dipanggang dengan tusukannya berupa jeruji besi, padahal rata – rata tusukan terbuat dari bambu.  Sate tersebut berada di Yogyakarta dan dinamai dengan Sate Klatak.

Sate Klatak dapat anda temui di daerah Jejeran, Jl. Imogiri, Pleret, Kabupaten Bantul sebelum makam raja – raja Imogiri, walaupun bumbu yang digunakan hanya berupa garam saja tanpa kecap atau bumbu lainnya namun inilah yang menjadi daya tariknya untuk dinikmati, hasil bakarannya pun membuat daging tersebut terasa empuk, bahkan sate klatak tersebut dapat menjadi salah satu andalan wisata kuliner Yogyakarta.

Harga perporsi sate klatak Rp. 10.000,-, satu setengah porsi Rp. 15.000,- dan porsi jumbo sebesar Rp. 20.000. Jangan kaget jika per porsi tersebut hanya 2 tusuk karena dalam satu tusuk saja potongan dagingnya besar besar dan banyak serta dari daging kambing terbaik.

Sajian sate klatak dapat Anda nikmati dengan nasi putih dan kuah gule jika suka. Dipadukan minuman berupa teh tubruk gula batu, pasti sangat nikmat.

Nikmatnya Sate Klatak Khas Yogyakarta Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment