Review Kuliner Khas Nusantara

Monday, January 13, 2014

Penasaran Ayam Tulang Lunak ?



Ayam tulang lunak?, hmmmm, bukannya ayam yang tulangnya lunak lho…bukan juga ayam yang masih kecil – kecil. Ayam Tulang Lunak adalah ayam olahan yang dipresto sehingga menghasilkan ayam dengan tulang lunak, tidak keras seperti masakan ayam biasanya. Kok bisa, gimana bikinnya..? penasaran kan?. Nah, kami akan berikan resep bocorannya lho, barang kali sahabat kuliner pingin mencoba membuatnya sendiri nya di rumah.

 
 Bahan – Bahannya:
1 Ekor ayam
50 gram gula jawa disisir halus
½ liter air kelapa
5 lembar daun salam
4 cm lengkuas digeprak atau dimemarkan
Minyak goreng secukupnya.

Bumbu yang dihaluskan
6 siung bawang putih
5 butir kemiri
2 sendok the garam

Cara membuatnya:
  • Potonglah ayam menjadi dua bagian dengan membelahnya membujur dada, lalu tekan ke samping hingga belahan terbuka lebar.
  • Tusuk ayam dengan garpu. Taburi ragi instan dan bumbu halus hingga rata.  Diamkan 2 jam
  • Taruhlah ayam ke dalam panic presto bertekanan tinggi. Tuangkan air kelapa sebanyak 1 liter, berilah garam dan air asam, daun salam serta lengkuas.
  • Masaklah di atas api sedang hingga panic mengeluarkan suara  mendesis. Masak lagi selama 30 menit.
  • Dinginkan panci, buka tutupnya. Tuangi dengan setengah air kelapa yang masih tersisa. Masaklah kembali hingga panci kembali mengeluarkan bunyi mendesis, kira – kira butuh waktu 20 menit .
  • Ulangi lagi dengan sisa air kelapa. Dinginkan panci presto, buka tutupnya dan tiriskan ayam.
  • Gorenglah di dalam minyak panas yang banyak hingga berwar na kuning kecoklatan dan kering. Sajikan selagi hangat, dan lebih nikmat jika ditambah lalapn serta sambal terasi.
Wuiiih,hmmm, dari membacanya saja sudah terbayangkan kelezatanya apalagi membacanya, dahsyat pastinya bro…., Selamat mencoba sahabat kuliner.



Penasaran Ayam Tulang Lunak ? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment