Review Kuliner Khas Nusantara

Saturday, February 8, 2014

Empal Gentong, Kuliner Khas Cirebon















Indonesia tak hanya kaya wisata alam yang panaoramanya memukau para pelancong. Nah, untuk urusan mengisi perut, berbagai daerah di Tanah Air menawarkan daftar menu yang menarik dan unik untuk dijajal. Salah satuanya adalah Kota Cirebon.  kota yang dikenal kota udang ini ternyata menawarkan beraneka jenis kuliner dan jajanan yang menarik yang tak terkira lezatnya. Salah satu jenis kuliner yang terkenal adalah “Empal Gentong”.


Nama Empal Gentong memang pas dengan bahan utama racikan hidangan berkuah asal Cirebon ini. Nama empal menunjukkan bahan utamanya memang daging sapi dengan sedikit lemak. Sedangkan sebutan gentong untuk menunjukkan proses memasaknya menggunkan kuali atau periuk tanah liat (gentong).

Memasak dengan cara dikuali ini sudah dilakukan scara turun temurun dari generasi ke generasi. Wadah tanah liat (gentong) yang sudah dipakai bertahun-tahun akan memberi sentuhan cita rasa sedap yang luar biasa. Hal ini dikarenakan karena kerak bumbu sudah mengendap di pori-pori tanah litanya.

Model pemasakannya mirip dengan gulai  dan dimasak menggunakan kayu bakar di dalam gentong. Daging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi. Empal gentong berasal dari desa Battembat, kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon.  Penampilan empal gentong ini mirip pindang Kudus, atau kare Solo karena agak kekuningan dengan kuah santan yang mengundang selera. Hidangan berkuah ini cocok dimakan panas-panas, pasti rasanya maknyuz.

Nah, bagi anda yang penasaran dan ingin menikmati kuliner ini. Anda bisa berkunjung langsung ke Cirebon, Lokasinya di Jl. Slamet Riyadi, samping gedung Bank BTN. Disnini anda akan menjumpai Kedai Empal Gentong yang sudah di rintis dari tahun 1948 dan terkenal sampai sekarang yaitu “Warung Empal Gentong Mang Dharma. Karena sudah cukup berumur, maka diteruskan oleh putranya. Nah, mungkin sebab itu namanya berganti jadi Warung Ibu Dharma. Di warung ini harga Empal Gentong Per posri empal gentong sekarang dihargai Rp 13.000,-. Murahkan?, nah, untuk mengobati kerinduan dan rasa penasarannya dengan kuliner lezat ini, selamat berkunjung dan selamat menikmati liburan anda dengan sajian kuliner Enpal Gentong yang istimewa.

Empal Gentong, Kuliner Khas Cirebon Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment