Review Kuliner Khas Nusantara

Thursday, January 30, 2014

Inilah Makanan Khas Saat Imlek













Perayaan Imlek akan hampa dan tang lengkap tanpa adanya jenis makanan yang menjadi ciri khasnya. Bahkan, saat Imlek banyak para pedagang akan menjajakan jenis makanan atau panganan khusus yang dihidangkan pada saat pergantian tahun tersebut.


Setelah kami menelusuri dari berbagai sumber, penyajian makanan tersebut juga memiliki arti tersendiri, berikut beberapa makanan yang khas pada saat perayaan Imlek:

Yee Shang
Jenis makanan ini berupa campuran ikan salmon, kacang, telur pitan, dan ubur-ubur dan dilengkapi bihun atau mi. Pertama kali dikonsumsi oleh kaum nelayan di pesisir Guangdong, terutama di daerah Caozhou dan Shantou. Makanan ini memiliki filosofi agar mereka yang memakannya mendapatkan rezeki berlebih di tahun baru.

Cara makannya unik yaitu ditempatkan di piring yang besar dan dinikmati bersama-sama dengan sumpit. Siapa yang paling tinggi mengaduk makanan itu diyakini dia paling banyak rejekinya.


Poo cai
Jenis makanan ini terdiri dari seafood kering berisi jamur, lobak, tripang dan abalon seperti jenis kerang. Filosofis makanan ini mengandung arti panen, yang ketika panen tiba, orang-orang banyak berkumpul untuk memulai memanen dan mengumpulkan makanan untuk bersama-sama disantap.

Lobster
Jenis makanan ini disajikan karena memiliki simbol dari naga yang memberikan simbol harmoni dan keamanan.

Drunken Prawn
Jenis makanan ini berbahan dasar udang yang diolah dengan kuah ini memiliki arti agar yang memakannya mendapat kebahagiaan di tahun berikutnya.

Nian Gao
Jenis makanan ini dikenal dengan sebutan kue keranjang ini memiliki filosofi bila semakin banyak disajikan diyakini akan mendatangkan rezeki yang banyak.

Inilah Makanan Khas Saat Imlek Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment