Review Kuliner Khas Nusantara

Wednesday, January 29, 2014

Lontong Balap Khas Surabaya



Selain dikenal sebagai kota pahlawan, surabaya juga dikenal banyak menyimpan aneka kuliner yang unik lho, contohnya kuliner  “LONTONG BALAP”. Mungkin, orang yang baru pertama mendengarnya merasa aneh dengan nama tersebut, mungkin juga orang berpikir kalau orang yang menjual selalu balapan ataupun Penjual lontong mantan pembalap ataupun penilaian yang lain nya.

Akan tetapi, ini adalah nama makanan khas Indonesia yang merupakan ciri khas kota Surabaya di Jawa Timur. Makanan ini terdiri dari lontong, cambah (taouge), tahu goreng,lentho, dengan taburan irisan bawang goreng, kecap, dan sambal. 


Lontong balap terdiri dari lontong yang diiris-iris dan di atas irisan lontong ini ditumpangi irisan tahu dan remasan beberapa lentho (bulatan kecil sebesar ibu jari dan dipencet ini bentuk lentho asli lontong balap, berbeda dengan lentho yang dipakai sekarang), kemudian di atasnya ditumpangi kecambah setengah matang yang porsinya terbanyak dalam hidangan, setelah itu diambilkan kuah secukupnya, sambal dan kecap disesuaikan selera pembeli. Makanan ini dihidangkan dengan pasangannya yaitu, beberapa tusuk sate kerang.

Makanan ini banyak dijumpai di seluruh pelosok kota Surabaya, mulai dari yang memakai gerobak dorong sampai warung – warung sederhana. Surabaya memang surganya kuliner, Lontong balap ini merupakan satu diantara seribu kuliner enak di Surabaya. Percayalah, musisi kondang seperti Ahmad Dhani sering nongkrong dan makan lontong balap ini di Daerah Jl. Rajawali Blauran.



Lontong Balap Khas Surabaya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 comments:

  1. Lontong Balap Garuda Pak Gendut di Jalan Prof. Dr. Moestopo 11 juga enak :)

    ReplyDelete