Review Kuliner Khas Nusantara

Saturday, February 8, 2014

Cimol, Jajanan Khas Bandung














Bicara tentang makanan khas Bandung memang tidak akan pernah ada habis - habisnya. Terutama aneka jajanannya yang selalu fenomenal dengan resep dan racikan yang menarik dan unik tanpa mengurangi cita rasa sedikitpun. Makanya tidak heran, kalau banyak orang bilang Kota Bandung adalah surganya Kuliner dan jajanan. Nikmat, mantap dan lengkap adalah kata yang tepat untuk memuji kekayaan kuliner dan jajanan kota Bandung. 

Jajanan khas Bandung sangat beraneka ragam, seperti colenak, batagor, keripik singkong, awug, cireng dan berbagai jenis jajanan lainnya. Nah, Salah satu dari sekian banyak jajanan yang dijajakan yang cukup populer di kota Bandung adalah “Cimol”. Cimol adalah singkatan dari aci digemol. Jajanan ini sederhana tapi istimewa dan rasanya juga menggoda selera anda.


Cimol merupakan sebuah makanan khas Bandung yang terbuat dari tepung kanji lalu dibentuk bulat dan digoreng hingga matang serta diberi bumbu pelengkap yang umumnya menggunakan cabai bubuk. Cimol menjadi jajanan paling favorit yang biasa dinikmati oleh anak-anak sampai orang dewasa rasanya yang gamol (kenyal) menggoyangkan lidah pecinta jajanan ini. Cimol biasa dijual oleh penjual pinggir jalan, terutama di daerah Buah Batu Bandung, disana terdapat banyak sekali penjual-penjual Cimol.

Selain di Bandung, Cimol juga saat ini telah menyebar luas ke seluruh kota di Indonesia, terutama Jakarta, Surabaya, Bogor, Yogyakarta dan kota-kota besar lainnya. Cimol selalu menjadi salah satu jajanan yang fenomenal karena kesederhanaannya, namun tetap bercita rasa tinggi dan juga sehat. Cimol cocok dinikmati di saat hangat dengan cuaca dingin untuk menjadi camilan yang bergizi tinggi.


Cimol, Jajanan Khas Bandung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment