Review Kuliner Khas Nusantara

Thursday, February 6, 2014

Geplak, Makanan Khas Kota Bantul


















Yogyakarta selain terkenal dengan kota pelajar juga dikenal dengan kota yang memiliki keunikan kuliner dan makanan tradisonalanya. Bekunjung kesana, anda dapat melihat pemandangan jenis makanan yang ada di pinggiran jalan. 


Nah, salah satu jenis makanan khas tersebut adalah  “Geplak. Makanan ini biasanya berbentuk bulat dengan warna-warna menarik seperti merah muda, hijau, putih maupun coklat. Rasanya yang sangat manis memikat pecinta selera makanan manis. Nah, karena rasanya yang memang manis kue tradisional ini sudah sangat terkenal tidak hanya di Bantul tetapi sudah merambah dan menjadi bahan buah bibir di kota – kota besar lainnya.

Makanan ini biasa dijadikan oleh-oleh khas jika anda berkunjung ke kota istimewa Yogyakarta, makanan ini awet berhari-hari sehingga bagi anda yang ingin membawa oleh-oleh khas kota Jogja ini tidak perlu khawatir oleh-oleh nya busuk jika dibawa ke luar kota.

Nah, bagi anda yang penasaran ingin mengolah sendiri di rumah, dikarenakan tidak ada jadwal untuk berkunjung  datang jauh-jauh ke Bantul untuk sekedar menikmati kue oleh-oleh ini, jangan khawatir anda bisa dengan mudah membuat sendiri. Nah untuk mengobati rasa penasaran anda terhadap si manis ini, saya akan membagikan resep nya untuk anda semua pecinta kuliner nusantara.

Bahan-bahan :
750 gram tepung beras
500 gram gula pasir
250 ml air
1 butir kelapa diparut memanjang
Garam halus secukupnya

Cara Membuat :
Sangrai tepung beras hingga kering, lalu tambahkan kelapa parut dan tepung beras. Aduk-aduk hingga rata lalu sisihkan
Masaklah gula bersama air hingga mendidih lalu angkat. Masukkan campuran kelapa, aduk-aduk dengan cepat hingga adonan menjadi kental, lalu angkat. Cetak adonan atau bentuk lah bulat-bulat seperti bentuk aslinya, untuk bentuk sesuaikan saja dengan keinginan anda masing-masing, biarkan hingga dingin dan mengeras.

Selesai sudah cara membuat kue geplak special untuk anda dan keluarga. Selamat mencoba dan menikmati sensasi Geplak karya tangan sendiri.


Geplak, Makanan Khas Kota Bantul Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment