Review Kuliner Khas Nusantara

Wednesday, February 5, 2014

Menelusuri Jejak Kuliner Khas Pantura















Jalur pantura atau singkatan dari pantai utara, terkenal dengan jalan yang sering macet dan panas. Tapi jangan salah , di pantura berderetan kedai dengan aneka macam kuliner yang menari, unik dan rasanya yang mantap. Nah, bila anda berskesmpatan melewati jalur ini, rehatlah sejenank untuk mencicipi pilihan makanan khas ini.

Nasi Jamblang Cirebon


Nasi jamblang adalah nasi yang di alasi oleh daun jati. Selain menjadi alas nasi, daun tersebut juga berfungsi sebagai pengawet dan memberikan aroma khas yang berbeda dari nasi pada umumnya sehingga menambah kenikmatan tersendiri. Sebagai pelangkap nasi jamblang, disajikan pula aneka lauk pauk yang bermacam – macam secara prasmanan yang bisa Anda pilih, dengan varian harga Rp1.000 -Rp15.000 per lauk. Di antaranya pepes tahu, pepes usus, pepes jamur, pepes rajungan, pepes ayam, ikan pari, pepes telor asin, tahu bacem, telur balado, ikan asin, lidah sapi, ati sapi, limpa, cumi hitam, terong bakar, sate kerang dara, sate kentang, perkedel jagung, perkedel kentang, dan lainnya.

Bagi para pecinta kuliner yang ingin mencicipi jenis kuliner yang satu ini, bisa Anda temui di Jalan Cangkring II No. 34 Cirebon. Di jamin puas  dan ketagihan !.

Ponggol Setan Khas Tegal


Bagi penggila kuliner pedas wajib mampir di tegal mencicipi Ponggol Setan. Kuliner ini berupa nasi dan olahan tempe yang diberi sambal, dan dibalut dengan pisang. Bumbu khasnya adalah racikan cabe yan menjadikan anda keluar keringatnya “gemrojos”. 

Nasi Gromyang Khas Pemalang


Kuliner di Kota Pemalang yang cukup terkenal adalah Nasi Grombyang. Sajian soto yang berbahan daging sapi atau kerbau dengan potongan lumayan besar yang dihidangkan dalam mangkuk disertai dengan nasi ditaburi dengan bawang goreng dan potongan solong menambah citra rasa tersendiri. Rasanya yang sedap habis apalagi di santap waktu siang atau musim hujan, sungguh dahsyat rasanya.

Taoto Khas Pekalongan


Kuliner terkenal di pekalongan adalah taoto. Campuran dari bihun, tauge dan potongan kol dicampur di dalam mangkuk, kemudian disusul jeroan sapi dan suwiran daging ayam. Sesendok bumbu tauco diceploskan di atas bahan-bahan itu kemudan diguyur kuah tauco hangat. Paduan itu diakhiri dengan menaburkan usus kering dan daun bawang. Hmmm… rasanya mantap bro, apalagi disantap di musim penghujan seperti sekarang ini, dahsayat !.

Lumpia Kuliner Khas Semarang
Lumpia adalah makanan yang menjadi cirri khas makanan dari kota Semarang. Makanan ini merupakan makanan yang memadukan cita rasa Indonesia dan juga cita rasa Cina. Namun, kelezatan dari makanan ini memang tidak ada tandingannya. Selain itu ada pula suguhan kuliner Soto Semarang yang sangat cocok untuk dinikmati di pagi hari ataupun siang hari. Makanan ini memiliki cita rasa khas Semarang yang menjadikannya berbeda dengan soto-soto dari daerah lainnya.

Inilah aneka jenis kuliner pantura yang bisa kami ulas, sebenranya masih banyak lagi jenis kuliner lainya yang tentunya tidak kalah nikmatnya. Kalau anda penasaran silahkan kunjungi dan cicipi kuliner tersebut. Selamat menikmati perjalanan anda dan manjakan diri anda dengan aneka kuliner khas pantura.  


Menelusuri Jejak Kuliner Khas Pantura Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment