Review Kuliner Khas Nusantara

Tuesday, January 14, 2014

Kuliner Nasi Balap Payung Khas Lombok


Ini bukan ajang balapan makan nasi lho, melainkan jenis olahan nasi Khas Lombok. Yah, namanya Nasi Balap Puyung, nyentrik kan?. Kuliner ini disajikan dengan alas daun pisang. Kuliner ini terderi dari nasi putih, kering kacang, ayam suwir kering, ayam pelcingan dan kacang kedelai. Rasanya sungguh pedas di lidah. Nah, bagi pecinta kuliner pedas makanan ini sangat cocok untuk di coba. 

Porsi makanan tidak terlalu banyak, akan tetapi baru beberapa suap saja sudah buat gemrojos keluar keringatnya karena saking pedasnya. Wow, kalau tidak suka yang pedas – pedas jangan berani cobain masakan yang satu ini, karena bisa kapok dibuatnya. Tapi jangan salah sobat, ini merupakan ciri khas dari nasi balap puyung Lombok sehingga banyak di buru oleh pecinta kuliner.

Menurut sejarah, menu ini dinamakan nasi balap puyung karena dahulu ada penjual nasi bernama Inaq Esun yang berjualan makanan di pasar Kebon Roek dengan system barter. Karena Inaq Esun memiliki anak yang selalu menang dalam lomba balap lari, Inaq Esun selalu memberikan makanan gratis untuk para pendukukng anaknya berupa nasi putih, pelcingan dan kacang kedelai. Sejak saat itulah nasi balap puyung menjadi popular dan mulai dikenal masyarakat Lombok. Bahkan banyak orang yang bilang belum lengkap rasanya jika dating ke Lombok tidak menikmati nasi balap puyung.

Jika anda mengunjungi Lombok dan mencari menu andalan tersebut, cobalah menuju Desa Puyung di Lombok Tengah. Nasi balap puyung asli cap Inaq Esun dikenal sebagai nasi balap asli yang sudah berdiri sejak 1970. Lokasinya berada di tengah perkampungan. 

Hmm, nambah penasaran kan?, silahkan bagi pecinta kuliner pedas atau pas anda berkunjung ke Lombok jangan lupakan menu yang satu ini. Datang ke tempat tersebut, dan baiknya ada pendamping wisata berpengalaman karena warung yang satu ini cukup tersembunyi dan minim petunjuk jalannya.  


Kuliner Nasi Balap Payung Khas Lombok Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 comments:

  1. Perna nyobain dan pedes nya juara mampus, ini bener2 balapan antara makan nasi sama minum nya :-)

    ReplyDelete